Minggu, 24 April 2011

Kopetensi Agama Islam : Bab 2 iman kepada malaikat

• Iman Kepada Malaikat
  Bagaimana kedudukan iman kepada malaikat dalam islam perhatikan hadist berikut.
  Pada suatu hari, Rasulullah saw. Muncul diantara kaum muslimin. Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: “wahai Rasulullah, apakah iman itu?” Rasulullah menjawab “Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya dan kepada hari berbangkit…” (Shahih Muslimin No. 10)

    
Rukun merupakan satu kesatuan, yang jika salah satu bagiannya tak dipenuhi, maka tidak sah rukun itu. Demikian juga dengan rukun iman, tidak akan sah jika tidak diimani seluruhnya. Malaikat, meski keberadaannya tak bias kita dari rukun iman, agar sempurna iman kita.

    Kata malaikat adalah jamak dari makhluk yang arti nya utusan. Malaikat adalah makhluk gaib, yang asal kejadiannya dari nur (cahaya ). Mereka memiliki akal dan tidak memiliki nafsu, mereka senantiasa patuh kepada Allah swt.
   Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk gaib, yang asal kejadiannya dari nur ( cahaya ). Di sebutkan dalam Al Qur’an  “Dan tidak ada yang mengetahui tentara (malaikat) tuhanmu, melainkan dia sendiri”

    Jumlah malaikat sangat banyak tertera dalam Al Qur’an surah Al-Muddassir : 31 , jumlah malaikat dapat di katakana lebih dari jutaan tetapi yang wajib di ketahui jumlah malaikat ada sepuluh.
1. Malaikat Jibril
Jibril adalah penghulu para malaikat yang bertugas sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul dengan kehendak Allah SWT. Firman Allah dalam Al-Qur’an
وَما نَتَنَزَّلُ إِلاَّ بِأَمْرِ رَبِّكَ لَهُ ما بَيْنَ أَيْدينا وَما خَلْفَنا وَما بَيْنَ ذلِكَ وَما كانَ رَبُّكَ نَسِيًّا
“dan tidaklah kami(Jibril) turun,kecuali dengan perintah Tuhanmu. Kepunyaan-Nya-lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang ada di belakang kita dan apa-apa yang adadi antara keduanya, dan tidak lah Tuhan mu lupa” (Q.S Maryam : 64)
2. Malaikat Izrail
Malaikat Izrail bertugas mencabut ruh(nyawa) para manusia yang hidup di permukaan bumi atas kehendak Allah Swt termaksud ruh para malaikat itu sendirim, karna itu lah malaikat ini di sebut juga sebagai “Malaikat Maut”
3. Malaikat Mikail
Malaikat Mikail bertugas memberikan kemudahan atau rezeki kepada seluruh makhluk Allah Swt. Malaikat Mikail juga turut serta dalammembantu tugas Malaikat Jibril antara lain :
? Sewaktu membedah dada Nabi Muhammad Saw, Malaikat Mikail yang mengambilkan air sumur zam-zam untuk mencuci hati Nabi Muhammad Saw.
? Mendampingi malaikat Jibril menghantarkan Nabi Muhammad Saw pada peristiwa isra’ mi’raj
4. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala untuk menandakan bahwa saat nya menjelang hari kiamat atau menjelang manusia dibangkitkan.
5. Malaikat Raqib
Bertugas Mencatat perbuatan atau ucapan dan amal baik para manusia
6. Malaikat Atit
Bertugas mencatat perbuatan atau ucapan dan amal buruk para manusia
7. Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir
Bertugas menanyai atau mengadili perbuatan yang tlah di lakukan oleh manusia semasa hidup nya didunia
8. Malaikat Malik
Bertugas menjaga pintu neraka
9. Malaikat Ridwan
Bertugas menjaga pintu surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar